DSC_0873              Pantai Poktunggal merupakan kawasan pantai yang tidak pernah di”jamah” oleh manusia. Disuatu hari wilayah Desa Tepus mengalami kekeringan yang sangat panjang, dengan demikian daerah tersebut kekurangan air. Dari kejadian itu, ada salah satu warga yang mempunyai inisiatif untuk mencari sumber mataair yang ada dikawasan selatan, karena masyarakat tersebut beranggapan disebelah utara karena sudah tidak ada tanaman yang bisa tembuh.

                Setelah beberapa hari mencari dan berjalan di bagian selatan, secara tidak sengaja masyarakat tersebut sampai lokasi dimana yang sekarang tepat di mataair “TUK”. Air tersebut diambil secara terus menurus selama kemarau oleh warga Desa Tepus. Masyarakat selain mengambil air, juga melihat pantai yang sangat indah. Kemudian tokoh masyarakat Desa Tepus melihat memberi nama Pantai tak jauh dengan nama mataair yaitu dengan nama “Poktunggal”. Poktunggal artinya “HANYA SATU” , Maksudnya hanya satu yaitu mataair yang terdapat pada wilayahnya hanya “satu” yang berada di bagian “bawah (Pok)” Desa Tepus.

              Berawal dari hal tersebut Pantai Poktunggal, dari awal ditemukan sampai tahun 2000-an belum mengalami berubahan yang banyak dari segi infrastruktur. Mulai Tahun 2005 masyarakat telah membuka Pantai Poktunggal untuk umum. Sampai sekarang berkembang sebagai destinasi yang sangat bagus yang berada di Gunungkidul.

#visit_gunungkidul #wonderfullIndonesia