DSC_0876Mataair Tuk merupakan mataair alami yang ada di Kawasan Pantai Poktunggal. Airnya tawar meskipun dekat dengan laut. Hal ini dipengaruhi oleh lapisan tanah impermeabel, dimana air tawar yang mengalir dari darat terperangkap batuan dibawah tanah yang mengakibatkan tidak dapat melolosakan air ke laut. Lapisan tersebut sebagai pembatas antara air tawar dan air asin yang berada dikawasan pantai.

Di mataair Tuk juga tumbuh pohon besar, yang mempunyai daun lebar, dan batang yang halus. Pohon ini sangat subur dan rimbun, serimbun apapun pohonnya masyarakat tidak pernah memotongnya. Dari sisi lain, masyarakat di Desa Tepus menyakini bahwa mataait tersebut merupakan tempat yang suci dan harus dilindungi secara baik. Menurut cerita, bahwa mataair tersebut dulu digunakan oleh anak Nyi Ratu Kidul untuk membasuh muka.

Terlepas itu semua, mataair Tuk dapat dimanfaatkan oleh pengunjung untuk keperluan membersihkan badan, maupun sekedar cucui muka, menikmati sejuknya mataair Tuk. Dengan di pandu oleh petugas jaga, pengunjung dapat mengambil dengan baik, karena kondisi air sedikit masuk ke dalam lobang. Lokasi mataair Tuk berada di sebelah barat Kawasan Pantai Poktunggal, sudah ada papan nama objek di dekat lokasi. Sehingga, para pengunjung akan mudah menemukan lokasi mataair Tuk.

DSCN1529 DSCN1521