DSC_0870DSC_0873

 

 

 

 

Pesona keindahan puluhan pantai yang membentang sepanjang pesisir Gunungkidul Yogyakarta seolah menjadi surga tersembunyi di balik gugusan perbukitan kapur.

Pantai Pok Tunggal secara administrasi berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Secara geografis berada pada 08̊ 09’ 17.5” LS & 110̊ 37’ 17.5”BT. Berdasarkan morfologi pantai, Pantai Pok Tunggal berada diantara Pantai Pantai Indrayanti dan Pantai Siung.

Pantai Pok Tunggal memiliki panorama yang indah dengan hamparan pasir putih serta perbukitan karst. Pada sisi timur dan dan barat terdapat tebing-tebing karang yang menjulang, yang merupakan hasil dari pengangkatan batuan, hasil proses geologi.

Pantai Pok Tunggal mulai diakses untuk wisatawan sejak bulan Mei 2012. Pengelolaan Pantai Pok Tunggal dilakukan oleh masyarakat Desa Tepus secara swadaya masyarakat. Apabila para wisatawan ingin menikmati Pantai Pok Tunggal, maka hanya dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 10.00,- per orang, sebagai dana pengembangan kawasan Pantai Pok Tunggal.